Efek Samping Bawang Hitam

Meskipun bermanfaat bagi kesehatan manusia, mengonsumsi bawang hitam dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Berikut ini penjelasannya.

  • Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Seseorang yang mengonsumsi bawang hitam dengan keadaan perut masih kosong dan berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual dan muntah.

Selain itu, bawang hitam yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan perut kembung karena meningkatnya asam lambung hingga pada sakit perut dan diare.

  • Bahaya Bagi Penderita Alergi Bawang

Alergi merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap zat yang masuk dalam tubuh. Bawang hitam dapat menimbulkan alergi karena mengandung enzim alliin lyase yang merupakan senyawa organosulfur .

Efek yang akan dirasakan saat berlebihan mengonsumsi bawang hitam dan mengonsumsinya secara mentah adalah sakit tenggorokan, pilek, sariawan, hingga masalah kulit seperti dermatitis.

Apabila telah mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya hentikan konsumsi bawang hitam dan segera konsultasikan dengan dokter.

Tips Penyimpanan Bawang Hitam

Bawang hitam memang berasal dari bawang putih yang difermentasikan. Tapi bukan berarti penyimpanannya juga sama.

Biasanya bawang putih disimpan begitu saja disuhu ruangan, namun bawang hitam sebaiknya disimpan di dalam kulkas agar kualitasnya tetap terjaga.

Bawang hitam juga sebaiknya dimasukkan dalam wadah toples agar kualitasnya tetap baik. Selain itu, hindari bawang hitam terpapar langsung oleh matahari. Hal ini dapat menyebabkan rasa dan kualitas bawang hitam mengalami perubahan.

Tips Konsumsi Bawang Hitam

Setelah mengetahui berbagai kandungan senyawa yang banyak dan bermanfaat bagi kesehatan, tentunya tidak akan ragu untuk mengonsumsi bawang hitam.

Bawang hitam sudah sangat lama dikonsumsi masyarakat Korea sebagai obat-obatan herbal. Selain itu, bawang hitam juga dapat diolah menjadi bumbu masakan.

  • Bahan Tambahan dalam Masakan

Jika biasanya bawang putih dijadikan bumbu halus, namun bawang hitam menjadi tambahan makanan dengan cara dipotong atau diiris saja. Caranya adalah mengupas terlebih dahulu kulit bawang hitam dan mencuci dengan bersih.

Bawang hitam dapat ditambahkan pada berbagai makanan seperti ayam panggang, ayam lada hitam dan sebagainya. Rasa yang akan dihasilkan dari bawang hitam akan leazat dan baunya tidak terlalu menyengat seperti bawang putih.

Menu olahan black garlic
Menu olahan bawang hitam
  • Untuk Konsumsi Anak-anak

Anak-anak pasti kurang menyukai jika memakan langsung bawang hitam. Hal ini karena bentuk dan warnanya yang asing dan kurang disukai. Namun tidak perlu khawatir karena bawang hitam dapat dikonsumsi dengan olahan pizza.

Caranya sama dengan membuat pizza seperti biasanya. Hanya saja diberi tambahan topping bawang hitam pada pizza dan berbagai topping lain yang disukai anak seperti sosis dan keju.

Pizza dengan topping black garlic
Pizza dengan topping bawang hitam
Bawang hitam merupakan bentuk fermentasi dari bawang putih yang memiliki kandungan dan manfaat yang baik bagi kesehatan. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, mencegah anemia, mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan kulit dan menjaga kesehatan tulang. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Tanda Ginjal Anda Mulai Rusak

Pengertian PS, HP, BHP, PK dan DK Di Dunia Otomotif

Manfaat Kartu BRIZZI Bank BRI Dan Keuntungan Memiliki Kartu Brizzi