Apa itu istilah KNOCKING, Banting klep..?
Apa itu istilah KNOCKING....?? Banting klep..?? Kenapa kendaraan saya banting klep / knocking..??
Ini adalah penyakit pada mesin, harus segera diobati..
Tentunya ini terjadi pada motor bakar.
Mesin bensin dan mesin diesel.
Yang paling sering dijumpai sih pada sepeda motor dan mobil city car atau mpv seperti kelas 1000 CC dan 1300 CC.
Banyak orang yg bingung dengan istilah ini, kalau diartikan ke bahasa Indonesia..
Ya artinya "ketukan".
Atau ada istilah yang lebih ekstrim lagi yang dipakai teman-teman dipasaran, yaitu banting klep.. Hahaahaaa... Anak nakal kali dibanting ya.. :-)
Tapi bro...
Sebenarnya "ketukan" lah yang terjadi diblok silinder, ketukan apa??
Ketukan antara piston dan blok silinder.
Mengapa demikian?
Banyak hal yang dapat menyebabkan knocking ini..
Iya.. Tapi apa sebenarnya yang terjadi diblok silinder ya???
Jadi.. Ternyata ada celah antara dinding silinder dan piston.. Tiap pabrikan beda-beda standard-nya.
Dan.. Piston itu diciptakan tirus pada bagian atasnya..
*diameter atas lebih kecil daripada diameter bawah. Gunanya.. Pada saat panas, dan terjadi pemuaian material maka piston tidak macet atau lengket.
Knocking itu terjadi pada pertengahan blok silinder atau dalam bahasa lain, pertengahan langkah piston menuju TMA (titik mati atas).
Ada beberapa hal yang menyebabkan knocking..
1.Kualitas bahan bakar yang buruk, nilai oktan atau cetane yang terlalu rendah dsb.
Pastikan anda menggunakan bahan bakar yang baik, lihat buku panduan kendaraan anda.
2.Campuran bahan bakar yang tidak tepat.
Diera yang serba canggih ini, kebanyakan mesin sudah mengadopsi sistem injeksi untuk sistem bahan bakarnya. Jadi kemungkinan injectornya mengalami gangguan, makanya servis dong broo...
Untuk diesel juga injectornya harus dicek tuh, ada standarnya untuk tekanan pada injectornya, dan jangan lupa timing injection juga harus tepat.
3.Sistem pengapian yang kurang baik.
Percikan api di-busi harus maksimal, dan waktunya (timing-nya) harus tepat.
Rata-rata mesin bensin sih timingnya 5° (Lima derajat) sebelum TMA (titik mati atas).
Namun sekali lagi dijaman yang serba canggih ini pengaturanya sudah secara elektronik, jadi... Kecenderungan kendalanya di busi. Makanya bro.. Gue aja 6 bulan sekali ganti.. Supaya ga zonk ditengah jalan :-) JANGAN LUPA PILIH BUSI YANG TEPAT..
4.Knocking sensor rusak
Untuk yang no. 4 ini sedikit lebay sih broo.. Jarang-jarang kejadiannya..
Tapi kadang terjadi juga, karena dia mendeteksi terjadinya knocking pada blok sikinder.
Sensor ini dipasang pada blok silinder. Tidak ada istilah repair untuk sensor ini, kalau rusak ganti troosss.. Pesan di sparepart.. :-)
5.Temperatur mesin terlalu panas
Ya benar.. Sama seperti no. 4.. Ini sih jarang terjadi.. Tapi peelu kita ketahaui agar mesin kita tidak jim. Mungkin ampare temperatur pada display speedometer kita off atau rusak, jadi pada saat kita mendengar suara knocking yang berkelanjutan kita bisa langsung menghentikan kendaraan kita dan periksa sistem pendingin. Lebih spesifiknya cek air radiator (cairan pendingin) pada tabung reservoir tank (tangki cadangan).
JADI... AKIBAT ABNORMAL-NYA SISTEM PADA MESIN, PEMBAKARAN TERJADI PADA PERTENGAHAN LANGKAH PISTON MENUJU TITIK MATI ATAS (TMA).
PISTON MENGALAMI TEKANAN, DAN TEKANAN ITU MENDORONGNYA DAN MENYEBABKAN PISTON TERBANTING KE DINDING SILINDER (KARENA ADA CELAH).
SEHINGGA TERJADILAH SUARA KETUKAN YANG KERAS DARI MESIN.
Komentar
Posting Komentar