15 Trik Smartphone Android yang Jarang Diketahui

Smartphone android bukan lagi barang langka, hampir semua orang sudah memiliki handphone yang berbasiskan android. Tidak hanya iPhone, Smartphone android yang kamu gunakan sehari-hari juga mempunyai banyak fitur rahasia yang jarang diketahui. Semakin canggihnya smartphone Android berbagai fitur bawaan hingga aplikasi yang tersedia di play store pasti membawa banyak sekali manfaat dan kegunaan bagi penggunanya. Android sangat pantas disebut dengan ponsel pintar. Karena, android bukan hanya berfungsi sebagaimana ponsel pada umumnya tapi bisa melakukan sesuatu hal yang tidak bisa dilakukan ponsel jenis lainnya. Dengan kata lain Android bukan hanya dapat digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh tapi juga bisa melakukan hal mengagumkan lainnya. Tetapi sudahkah kamu mengeksplor berbagai trik rahasia yang bisa dilakukan smartphone android? Padahal android menyediakan beberapa fitur penting, bermanfaat dan sangat menguntungkan apabila di gunakan. Namun pada kenyataannya masih banyak orang belum tahu trik android tersebut sehingga jarang mengunakan fitur rahasia android yang ada di Hp-nya. Maka dari itu Andrian Trik akan bagikan rahasia android yang jarang kamu ketahui, Penasaran? langsung saja simak 15 Trik Android yang Jarang Diketahui di bawah ini. 

 1. Mengetahui Smartphone Android Asli atau Palsu 
 Semakin berkembangnya industri smartphone dan laris di pasaran banyak sekali oknum nakal yang memanfaatkan momen tersebut untuk merauk untung dengan membuat smartphone replika yang mirip sekali dengan yang aslinya. Terkadang kita sebagai konsumen bingung bagaimana cara membedakan antara smartphone yang asli dan palsu. Namun ada trik yang bisa kamu gunakan dengan cara memasukan kode rahasia *#0000#* pada menu panggilan telepon untuk mengecek apakah smartphone yang sedang kamu gunakan asli atau palsu. Namun perlu diingat, biasanya kode ini hanya bekerja pada smartphone merek tertentu saja.
15 Trik Android yang Jarang Diketahui

 2. Mengontrol Komputer dengan Android 
 Jika kamu mempunyai perangkat smartphone android ataupun tablet, kamu bisa menjadikan perangkat tersebut menjadi sebuah remote untuk komputer windows, layaknya sebuah remote televisi. Dengan begitu kamu bisa mengendalikan komputermu dari jarak tertentu tanpa harus berada secara langsung di depan layar monitor komputer tersebut. Trik andoid ini bisa kamu lakukan dengan bantuan aplikasi bernama Unified Remote. Cara kerja dari aplikasi ini adalah kamu harus menginstallnya terlebih dahulu pada perangkat android dan juga di komputer windows kamu. Jadi aplikasi ini terdiri dari dua jenis, yang di windows berfungsi sebagai server, sedangkan yang di android berfungsi sebagai client. 
15 Trik Android yang Jarang Diketahui

 3. Mengunci dan Menghapus Data Smartphone Android Saat Hilang
 Tidak hanya Iphone yang bisa mengunci dan menghapus data pada saat hilang dengan menggunakan Find Iphone. Smartphone android juga bisa melakukannya dengan menggunakan fitur Android Device Manager, fitur ini disediakan android bagi penggunanya yang berfungsi untuk mengamankan data-data yang ada pada handphone jika hilang. Jadi sebaiknya anda menggunakan fitur unik ini sebelum kejadian yang tidak di inginkan terjadi pada handphone yang anda miliki (hilang atau di curi orang). Paling tidak dengan mengunakan fitur ini anda tetap dapat mengamankan data-data penting yang anda simpan smartphone android yang hilang tersebut. Sehingga, tidak di salah gunakan oleh orang lain. 

 4. Melakukan Backup Data dan File 
 Melakukan backup data dan file di smartphone android memang sangat penting. Tapi sebagian orang mengabaikan hal ini. Jadinya mereka sering kehilangan data dan file yang penting, kehilangan sms, kontak, dan lain lain. Untuk menghindari hal tersebut, maka diperlukan backup secara berkala di ponsel android kamu. Tidak ada yang tau jika suatu saat nanti data dan file di ponsel android kamu bisa hilang atau terhapus. Untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan kita bisa melakukan backup data pada smartphone kamu dengan cara yang cukup mudah yakni dengan menggunakan kode rahasia *#*#273283*255*663282*#*#* pada menu panggilan telepon. 
15 Trik Android yang Jarang Diketahui

 5. Mengganti Fungsi Tombol Smartphone
 Kita tahu jika selama ini tombol home yang ada di posisi tengah bagian bawah smartphone berfungsi untuk mengembalikan ke homescreen. Tombol back berfungsi sebagai tombol kembali. Tombol power juga berfungsi sebagai mana layaknya tombol power nuntuk mematikan dan menyalakan smartphone. Tetapi kita bisa merubah fungsi tombol tersebut sesuai dengan yang kita inginkan dengan menggunakan aplikasi Button Mapper. 
15 Trik Android yang Jarang Diketahui

 6. Menampilkan Informasi Pemilik Handphone 
 Fitur ini bisa sangat beguna bagi kamu pemilik android, dimana kita bisa menampilkan informasi mengenai diri sendiri pada lockscreen. Sehingga apabila suatu saat handphone kamu hilang atau ketinggalan di suatu tempat dan di temukan oleh orang lain. Jika orang yang menemukannya baik hati maka handphone kamu bisa dia kembalikan atau kirimkan ke alamat yang kamu cantumkan di handphone tersebut. Trik android ini cukup mudah caranya adalah Masuk ke menu setting (pengaturan) > Pilih Locksreen and security > Klik Show Information > Lihat Owner Information, Kemudian masukkan data-data yang anda inginkan. Apa saja boleh, seperti Nama, Alamat, dan informasi penting lainnya yang bisa membantu orang mengenali anda. 


 7. Melakukan Factory Reset atau Reset Ulang 
 Melakukan factory reset atau reset ulang pada android bertujuan untuk mengembalikan software pada handphone atau tablet android kekondisi awal seperti saat baru keluar dari pabrik. Factory reset biasanya dilakukan untuk menyelesaikan masalah kerusakan software yang terjadi pada android. Factory reset atau reset ulang pada android akan menyebabkan semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal handphone/tablet android akan terhapus. Factory reset bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Selain itu cara lainnya adalah dengan menggunakan kode *#*#7780#*#* pada menu penggilan. Caranya tekan saja kode tersebut dan secara otomatis smartphone akan melakukan factory reset atau reset ulang dan membuat smartphone kamu kembali ke settingan awal dan semua data akan terhapus. 
15 Trik Android yang Jarang Diketahui

 8. Melacak Lokasi Handphone Seseorang 
 Smartphone memang membuat segalanya menjadi lebih mudah. Bukan hanya mudah untuk belanja, eksis di sosial media dan berkomunikasi, sekarang smartphone bisa digunakan untuk melacak lokasi orang lain. Untuk alasan tertentu, mengetahui lokasi seseorang menggunakan nomor handphone adalah sesuatu yang mustahil dilakukan tanpa adanya izin dari operator terkait. Pasalnya, ini jelas menyalahi privasi konsumen. Tetapi, ada sebuah trik android dengan bantuan sebuah aplikasi, kamu bisa melacak lokasi nomor handphone seseorang atau saat handphone kamu hilang. Bagi kamu yang penasaran dengan lokasi teman atau pacar kamu saat ini, kamu bisa melacaknya dengan smartphone android. Dengan bantuan GPS, kamu bisa mengetahui lokasi orang tersebut di manapun tempatnya. kamu tidak perlu repot harus tanya – tanya lewat SMS atau Messenger. Cukup dengan menginstall aplikasi Zenly Locator – Realtime GPS, kamu bisa mengetahui lokasi teman kamu tersebut. Namun dengan catatan, teman atau pacar kamu juga menginstall aplikasi Zenly Locator di handphonenya. Aplikasi Zenly Locator bisa di unduh melalui Google Play Store secara gratis. 

 9. Mempercepat Android Dengan Mematikan Animasi 
 Cara mempercepat smartphone android yang lemot dengan mematikan fitur animasi. Dengan menggunakan animasi untuk mempercantik tampilannya. Kamu juga bisa menikmati animasi ini ketika anda beralih aplikasi dan juga ketika anda berganti layar, misalnya di home screen, maupun animasi di dalam aplikasi android sendiri. Animasi memang bagus dan membuat android menjadi manis dan indah, tapi itu juga membuat delay yang membuang waktu. Khususnya pada android terbaru yang cepat. Anda bisa beralih aplikasi dengan seketika jika tidak dihambat oleh animasi ini. Bagaimana dengan android lawas yang relatif lebih lambat terlebih ketika anda sudah mengaplikasikan update OS lebih baru? Dengan mematikan fitur animasi ini, ponsel android lawas juga akan terasa berjalan lebih gegas, karena tidak harus merender layar berikut animasinya setiap kali berganti aplikasi. Jika setelah anda lakukan tips ini kemudian anda merasa android anda jadi sepi dan kaku, ya silahkan kembalikan lagi animasinya. Tapi kalau soal android yang lebih gegas, saya rasa semua orang menyukainya. Untuk melakukan trik ini, kamu harus menjadi developer bagi samrtphone android kamu. Caranya dengan masuk ke menu Settings > About Phone > **Build Number **> tekan berulang sebanyak tujuh kali dan kamu akan mendapatkan status “Developer options enabled”. Setelah itu, kamu bisa langsung melakukan pengaturan untuk menyesuaikan tingkat kecepatan animasi yang kamu inginkan pada opsi "Transition animation scale". Kamu bisa memilih apakah ingin menjadikannya lebih lembut atau tajam sesuai selera.  
15 Trik Android yang Jarang Diketahui

10. Menampilkan Informasi Smartphone Android
 Jika kamu ingin tahu apa saja informasi yang ada di smartphone android yang kamu gunakan. Ada trik yang bisa kamu praktekan dengan cara memasukkan kode rahasia *#*4636#*#* pada menu panggilan telepon dan secara otomatis informasi tentang smartphone kamu akan muncul. Biasanya, di dalam menu ini, terdapat empat sub-menu, yaitu Phone Information, Battery Information, Usage Statistic, dan Wi-Fi Information. 
15 Trik Android yang Jarang Diketahui

 11. Mengontrol Power Point dengan Android 
 Pada saat melakukan presentasi kadang kita menemui kendala ketika akan berpindah slide powerpoint dengan jarak leptop yang jauh. Tetapi dengan menggunakan aplikasi tambahan yang kita instal di handphone dan laptop kita, kita sudah bisa mangendalikan powerpoint kita dari jarak yang kita iginkan. Aplikasi tersebut adalah Office Remote yang bisa di download di play store secara gratis dan sebelum menggunakannya kamu juga harus menginstall Office remote pada leptop kamu. 

15 Trik Android yang Jarang Diketahui

 12. Melindungi Mata saat Menggunakan Android 
 Sudah bukan rahasia lagi jika menatap layar digital dari jarak dekat dapat menimbulkan efek negatif pada mata kamu. Hampir setiap orang kini menghabiskan sebagian besar waktunya baik siang atau malam untuk menatap layar smartphone mereka. Jika kamu mempedulikan akan kesehatan mata kamu, dan tidak menginginkan munculnya efek negatif akibat terlalu lama terpapar sinar biru dari smartphone. Berikut ini ada trik bagaimana cara melindungi matamu saat menggunakan smartphone yaitu dengan menggunakan aplikasi Twilight. Dengan menggunakan aplikasi Twilight, kamu bisa mengaktifkan mode redup cahaya yang membuat mata kamu lebih nyaman ketika melihat layar android pada malam hari. Tak hanya itu, kamu bisa mengatur waktu agar mode tersebut aktif secara otomatis dan juga bisa mengatur tingkat keredupan cahaya sesuai kenyamanan mata yang kamu inginkan. 

15 Trik Android yang Jarang Diketahui

 13. Menampilkan Nomor Imei pada Android 
 Tidak hanya dengan menggunakan cara mengetahui smartphone android asli atau palsu yang hanya berfungsi pada smartphone android merk tertentu ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui keaslian sebuah handphone yaitu dengan menggunakan IMEI untuk melihat keaslian dari sebuah ponsel. Mengetahui cara cek IMEI akan membuat Anda lebih waspada terhadap ponsel ilegal yang beredar dipasran. The International Mobile Station Equipment Identity yang disingkat menjadi IMEI merupakan nomor identitas dari semua ponsel yang sudah diproduksi di seluruh dunia. Setiap ponsel memiliki IMEI tersendiri dan tidak mungkin memiliki nomor IMEI ganda karena pencatatannya diatur sangat ketat. Jika terjadi nomor IMEI, maka salah satu dari ponsel dengan IMEI tersebut dapat dinyatakan ilegal ataupun palsu. Ponsel-ponsel replika yang tidak memiliki merek dan didesain sama seperti produk aslinya biasanya tidak memiliki nomor IMEI. Caranya dengan memasukkan kode rahasia *#06# pada menu panggilan telepon 

 14. Menggunakan Smart Lock pada Android
 Kini mengunci smartphone android tidak hanya bisa dengan PIN atau Password saja. Kamu bisa coba menggunakan smart lock dan kamu bisa memilih mode penguncian smartphone yang lebih mudah tanpa harus mengetik atau memasukkan kode password. Selain lebih mudah dalam penggunaannya smart lock juga menjadikan handphone kamu lebih aman. Cara cukup mudah dengan masuk menu Settings > Security > Smart Lock. Kamu kemudian bisa memilih lima fitur smart lock seperti voice recognition atau facial, yang semuanya sama-sama memudahkan dan terkesan lebih canggih. 15 Trik Android yang Jarang Diketahui 

15 Trik Android yang Jarang Diketahui

15. Memindai Dokumen dengan Android 
 Penggunaan mesin pemindai (scanner) masih cukup diminati mengingat penggunaan kertas yang masih tinggi. Namun tahukah kamu, smartphone ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai pemindai dokumen mobile. aplikasi yang sangat berguna dan kaya fitur yang memungkin kamu melakukan scan dokumen. Meski hasilnya tak terlalu bagus, kemampuan ini terbilang sangat membantu pengguna yang kerap membutuhan proses pemindaian secara cepat dan langsung. Kamu cukup memasang aplikasi CamScanner untuk mengubah smartphone kamu menjadi pemindai. Kamu bisa gunakan kamera untuk melakukan scanning dokumen, seperti tanda terima, catatan, faktur, dikusi papan tulis, kartu nama, sertifikat, dan lainnya. Selanjutnya kamu bisa menyimpan dalam format PDF atau JPEG. Kamu juga bisa langsung membagikannya ke email atau media sosial. Untuk mengirim menggunakan link. Itulah trik android yang bisa admin bagikan untuk para pengguna smartphone android.

15 Trik Android yang Jarang Diketahui

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Tanda Ginjal Anda Mulai Rusak

Pengertian PS, HP, BHP, PK dan DK Di Dunia Otomotif

Manfaat Kartu BRIZZI Bank BRI Dan Keuntungan Memiliki Kartu Brizzi